Selasa, 20 Januari 2015

Potensi Kota Sidoarjo



Potensi Kota Sidoarjo


Hai sobattt… kali ini kami akan memperkenalkan potensi yang ada di kota kami tercinta yaitu Sidoarjo, kami akan menunjukan apa saja potensi yang ada di kota Sidoarjo.

Kabupaten Sidoarjo, merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gersik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. 

 Bagi kalian yang tidak mengetahui apa saja potensi yang ada di kota Sidoarjo baca artikel ini yah… di jamin akan menambah pengetahuan kalian tentang potensi dari kota Sidoarjo, simak baik baik yah sobat… :D

A.Hewani

1.Udang dan Bandeng

 



Sidoarjo dikenal sebagai sentralnya budidaya tambak di Jawa Timur. Berdasarkan data statistik perikanan budidaya Jawa Timur, total produksi budidaya tambak sidoarjo terbaik kedua setelah kabupaten Gresik. Andalan produksi budidaya tambak kabupaten Sidoarjo adalah komoditas bandeng dan udang terutama udang windu dan vaname. Oleh karenanya tidak salah jika Sidoarjo menjadikan ikan bandeng dan udang sebagai ikon daerah.
Berdasarkan data dinas kelautan dan perikanan kabupaten sidoarjo memiliki potensi budidaya tambak sebesar 15.530 hektare.
Berikut secara lengkap luas lahan budidaya tambak di Kabupaten Sidoarjo:
1. Kecamatan Jabon 4.144 hektare.
2. Kecamatan Sedati 4.100 hektare.
3. Kecamatan Sidoarjo 3.128 hektare.
4. Kecamatan Candi 1.032 hektare.
5. Kecamatan Buduran 731 hektare.
6. Kecamatan Tanggulangin 497 hektare.
7. Kecamatan Porong 496 hektare.
8. Kecamatan Waru 402 hektare.


2.Perikanan


 
Budidaya ikan yang paling potensial dikembangkan di Kabupaten Sidoarjo selain budidaya tambak adalah potensi perairan lautnya yang cukup produktif dengan luas wilayah tangkapan sebesar 314 km2. Hal ini dikarenakan Kabupaten Sidoarjo memiliki daerah pantai dan pertambakan di kawasan sebelah timur meliputi 29,99% dari luas wilayah ( dengan ketinggian 0-3 meter dari permukaan laut ). Total produksi ikan laut tahun 2007 adalah sebesar 11.931.200 kg dengan produksi terbesarnya pada jenis binatang berkulit keras yaitu sebesar 84,90 % kemudian ikan teri sebesar 4,43% dan udangsebesar1,90%. 
3kerang batik
Salah satu jenis kerang yang menjadi andalan penangkapan nelayan di Kabupaten Sidoarjo terutama di wilayah Kecamatan Sedati dan Kecamatan Sidoarjo adalah kerang batik.

3.kupang



Mata pencaharian penduduk berupa nelayan, karena Balongdowo di lintasi oleh sungai yang mana sungai itu terdapat kupang yang menjadi mata pencaharian penduduk. Hal ini yang dapat  mendasari potensi dari desa Balongdowo tersebut disamping itu warga atau masyarakat Balongdowo sendiri mempunyai kemauan untuk mencoba mengaplikasikan ide baru dalam bentuk skala kecil ataupun skala luas guna memenuhi tuntutan kebutuhan hidup. Motivasi dan adanya waktu luang yang dimiliki masyarakat nelayan kupang itulah yang menyebabakan mereka mampu membuat dan mengkreasi hasil laut menjadi aneka makanan tepung, seperti krupuk kupang dan ada lagi kecap dari bahan baku kupang.


                                                                                                                                

B.Nabati

1.Rumput laut

 

Di wilayah Kecamatan Jabon Desa Kupang, kini mulai banyak yang mengembangkan usaha budidaya tambaknya kepada usaha budidaya rumput laut.pembudidaya seluruhnya paling tidak mencapai 68 orang. Mereka semua para pembudidaya rumput laut ini rata-rata berasal dari Desa Kupang jabon sendiri.
Menurutnya, sampai dengan tahun 2015 ini luasan/hamparan tambak di Desa Kupang yang masih aktif untuk budidaya rumput laut yaitu 601 ha. Ditambah kondisi bahan baku air dari kali porong yang relatif masih layak ini tingkat hasil produksi rumput laut di Desa Kupang Tahun 2012 kemarin bisa mencapai 10.233,5 ton/per tahun (kondisi basah), dan apabila dikonversi menjadi kering mencapai 1460,5 ton/per tahunnya.


2.Padi

 

Padi adalah salah satu bahan pangan pokok yang paling terpenting. Di wilayah sidoarjo masih banyak persawahan yang ditanami oleh tanaman padi. Yang menghasilhan berton ton beras,  tentunya pengairan yang bagus dan musim yang bagus disidoarjo sangat mendukung pertanian disidoarjo.
Sedangkan untuk luas lahan tanam secara keseluruhan di seluruh Sidoarjo sebesar 72.000 hektar. Namun untuk lahan pertanian hanya mencapai 16.148 hektar. Dari lahan tersebut, hasil produksi mencapai 104.962 ton per panen. “Dalam setahun kami bisa panen 2-3 kali sehingga jumlah produksinya 6,5 ton per hektar. Secara total, jumlah produksi gabah kering Sidaorjo sebesar 211.234 ton per tahun,” ujarnya.

3.Tebu 

 

Tebuadalahtumbuhan yang memiliki rasa manisdandapatdiolahmenjadigulapasir. Tebubanyakterdapat di kecamatanTulangan, Sidoarjo.Di sidoarjo pun mempunyaibeberapapabriktebu, salahsatunyapabriktebucandi.



Disusun oleh:
·         Erlina Rahmawati
·         Maulida Devanty
·         Ni Putu Williantari
·         M. Fanny Setyawan
·         Sofyan Bahri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar